Sabtu, 12 November 2011

Ciri-Ciri Lingkungan Sehat dan Lingkungan Tidak Sehat

Peduli dengan lingkungan yang sehat akan menciptakan kehidupan yang sehat pula. Apa yang ada di sekitar kita termasuk adalah lingkungan. Lingkungan hidup atau umum dinamakan sebagai lingkungan adalah satu istilah yang bisa mencakup semua makhluk hidup ataupun mahluk tak hidup yang ada di alam baik itu di Bumi ataupun bagian dari Bumi, semuanya berjalan secara alami tanpa adanya campur tangan manusia secara berlebihan.

Oleh karena itu hendaknya ada kesadaran individu dalam menjaga lingkungan yang ada di sekitar kita agar agar kita mendapatkan manfaat dari lingkungan yang ada di sekeliling kita.

1. Ciri-ciri lingkungan sehat
Sewaktu kita berjalan-jalan ke luar kota misalnya dan jauh dari keramaian kota, kita akan merasakan udara yang sangat segar dan bersih di sekitar kita. Udara yang masih bersih dan segar tersebut banyak mengandung oksigen yang sangat baik sekali untuk tubuh kita. Udara yang masih bersih dan segar juga bisa kita peroleh peroleh di rumah. Waktu bangun pagi, kita bisa menghirup udara yang masih segar di halaman rumah, dan kalau kita hirup udara tersebut secara dalam-dalam kita akan merasakan nyaman dan segar. Inilah salah satu contoh ciri-ciri lingkungan yang sehat.

2. Ciri-ciri lingkungan tidak sehat
Sekarang ini banyak sekali lingkungan yang ada di sekitar kita tidak sehat. Lingkungan yang tidak sehat adalah lingkungan yang sudah kotor. Lingkungan yang sudah kotor ini berarti lingkungan yang sudah tercemar, terjadinya pencemaran lingkungan misalnya pencemaran air, pencemaran udara serta tanah.

a. Pencemaran Air
Kita bisa perhatikanlah selokan yang ada di sekitar rumah kita, bagaimana keadaannya? pasti banyak sekali sampah sehingga selokan bisa menjadi penyebab lingkungan yang tidak sehat. Begitu juga dengan pembuangan sampah secara sembarangan dan seenaknya turut mempercemar lingkungan. Misalnya membuang sampah di sungai yang menyebabkan sungai dan laut tercemar. Akibatnya banyak ikan-ikan yang mati dan kita sendirilah yang menanggung akibatnya. 

Pencemaran pada air bisa mengakibatkan aliran air jadi terhambat. Apabila musim hujan tiba, dapat mengakibatkan banjir. Ikan serta hewan lain yang ada di sungai dan laut bisa mati. Warga pun akan sulit mendapatkan air yang bersih, akibat yang ditimbulkan adalah penyakit menyerang masyarakat. Lingkungan yang kurang sehat dapat ditandai dengan melihat air yang kotor. Sungai yang airnya sudah kotor dan tercemar sangat berbahaya sekali apabila digunakan untuk mandi, untuk minum, untuk mencuci pakaian, apalagi untuk memasak.

Air yang kotor ini apabila diminum, bisa menyebabkan terjadinya penyakit, seperti penyakit diare atau penyakit muntaber. Apabila air yang sudah kotor ini digunakan buat mandi, dapat menyebabkan serangan penyakit kulit, misalnya penyakit kudis dan gatal-gatal. Dan ini semua merupakan ciri-ciri dari lingkungan yang tidak sehat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar