Sabtu, 12 November 2011

Menjaga Kesehatan Mata dan Makanan Untuk Kesehatan Mata

Mata adalah salah satu organ manusia yang sangat penting dan berharga sekali buat kita. Agar mata berfungsi semestinya perlu di jaga dan di rawat. Salah satu upaya dalam merawat kesehatan mata adalah dengan mengkonsumi makanan yang berkhasiat untuk kesehatan mata kita. Karena mata merupakan aset yang sangat berharga sekali untuk manusia. Menjaga kesehatan mata harus selalu di lakukan jika kita selalu menginginkan mata kita dalam kondisi yang baik dan sehat.







Karena mata merupakan indra penglihatan yang sangat penting, dan kita juga selalu menggunakan mata untuk mengerjakan semua kegiatan, oleh karena itulah kita seharusnya memperhatikan kesehatan mata kita. Anda bisa simak bagaimana tips dan cara bagaimana menjaga kesehatan mata kita berikut:

1. Biasakanlah diri Anda mulai dari hal yang kecil untuk menjaga kesehatan mata misalnya dengan mencuci mata, atau memakai pelindung kaca mata anda, jika anda akan melakukan perjalanan dengan berkendara motor.

2. Anda bisa makan makanan yang banyak mengandung vitamin A, seperti buah-buahan atau sayuran yang banyak mengandung vitamin A, atau minum jus seperti wortel, pepaya atau buah lainnya yang di dalamnya memiliki banyak kandungan vitain A, bila perlu anda bisa tambah supleman untuk kesehatan mata.

3. Jika anda sering memakai komputer, anda bisa mengatur layar komputer anda sehingga gambar atau cahayanya tidak terlalu tajam, selain itu jika selama berjam-jam mata anda selalu berhadapan dengan komputer, luangkan waktu sebentar untuk merefresh mata anda, anda dapat menambahkan benda lain di atas meja kerja anda. Sesekali Anda bisa mengalihkan pandangan anda dari layar komputer.

4. Jika anda hobby membaca, aturlah jarak pandang antara mata dengan buku yang sedang anda baca, anda juga haru mengatur duduk anda, jangan membaca dalam posisi tidur, karena kurang baik untuk kesehatan mata.

5. Apabila mata anda terasa lelah, anda bisa mencari lokasi di tempat yang banyak tumbuhan hijaunya seperti taman, melihat pegunungan, tanaman atau kebun sayuran, karena ada sebuah riset, syaraf mata yang lelah akan kembali normal dan relaks.

6. Sesekali sempatkan waktu untuk memeriksakan mata anda ke ahlinya seperti dokter.



Makanan Untuk Kesehatan Mata:

1. Wortel
Wortel sudah banyak di kenal memiliki kandungan yang sangat baik untuk kesehatn mata. Wortel memiliki kandungan beta karotin serta anti oksidan, mengkonsumsi wortel akan meminimalkan resiko terkena penyakit mata seperti seperti katarak.

2. Brokoli
Makaan ini kaya akan vitamin C dan antioksidan yang dapat menjaga kesehatan mata. Untuk memakannya anda bisa merebusnya, di steam, atau di campur dengan sup.

3. Paprika
Buah paprika sering digunakan untuk campuran salad. Buah ini juga sangat baik untuk menjaga kesehatan mata.

4. Daging
Daging ayam, daging sapi, daging kalkun atau domba sangat kaya akan protein, zat besi serta zinc merupakan salah satu komponen terpenting dan berkhasiat untuk kesehatan mata.

5. Pepaya
Buah ini sangat mudah di temukan dan banyak mengandung vitamin A, jadi sering seringlah makan buah pepaya karena buah papaya termasuk makanan yang sangat bak untuk kesehatan mata kita.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar