Sabtu, 12 November 2011

Tips Cara Hidup Sehat Yang Alami

Pada jaman sekarang ini banyak sekali orang yang mendambakan hidup sehat tapi tak mau melakukan dan menjalankan pola hidup sehat. Jika menginginkan hidup sehat tentu saja harus menjalankan pola hidup yang sehat pula. Masih banyak sekali orang yang salah pengertian dengan pola hidup mereka. Hal ini bisa sangat berpengaruh sekali terhadap tingkat kesehatan yang ada pada kehidupan masyarakat saat ini. Akan menjadi lebih sulit seandainya penyakit yang datang menyerang turut berpengaruh kepada keturunannya.

Berikut ini beberapa tips cara hidup sehat yang alami dan mudah-mudahan bisa membuat hidup anda lebih sehat dan bahagia.

1. Selalu Menjaga Kebersihan
Bersih pangkal sehat, begitulah pepatah yang sering kita dengar. Pertama kali menjalankan pola hidup sehat adalah memperhatikan tingkat kebersihan yang ada pada lingkungan di sekitar kita juga mejaga kebersihan badan. Mulai dari sinilah pola hidup sehat kita di awali. Jika keadaan lingkungan teampat tinggal kita sering kotor akibatnya banyak mengundang bermacam penyakit. Banyak sekali penyakit yang menyerang seseorang akibat lingkungan yang kurang bersih, misalnya deman berdarah dari nyamuk, ataupun penyakit lain akibat virus yang menempel pada lingkungan yang kotor dan tidak sehat.

2. Rajin Berolah raga
Kita tidak harus memilih jenis olah raga yang berat dan mahal, jalan-jalan atau jogging di pagi hari sambil menikmati bersih dan segarnya udara pagi merupakan pilihan olah raga yang murah. Olah raga akan menjaga stamina tubuh, rajin berolah raga juga dapat membantu meningkatkan tingkat kebugaran dan kesehatan anda. Pada saat berolahraga sirkulasi peredaran darah akan mengalir dengan lancar di banding orang yang tidak perah melakukan olahraga. Jika Anda memiliki tekanan darah tinggi atau penyakit jantung, penyakit infeksi paru-paru atau mungkin menderita kencing manis, sebaiknya berkonsultasi terlebih dulu ke dokter dan minta nasihat olah raga apakan yang cocok di lakukan.

3. Mengatur Pola Makan
Seringkali kita tidak memperhatikan hal yang satu ini. Asal melihat makanan yang lezat, langsung kita santap. Tak peduli apakah makanan yang kita makan tersebut baik untuk kesehatan kita atau tidak. Jumlah kebutuhan asupan zat gizi tiap orang berbeda beda, hal ini bisa tergantung pada umur, jenis aktivitas dan kegiatan, serta kondisi tubuh (apakah tubuh sedang dalam kondisi sakit atau segar bugar).

4. Istirahat Yang Cukup
Tubuh manusia bukan mesin, jangan dipaksa bekerja berat jika tubuh sedang lelah dan capek. Luangkan waktu walau sebentar untuk merelaksasikan tubuh. Kadang kita tidak memperhatikan hal yang satu ini, dengan alasan di kejar target, kerjaan menumpuk, sehingga sering sekali jatah istirahat jadi berkurang. Baru terasa kalau tubuh terserang penyakit. Sebanyak apapun kerjaan kita, sempatkan untuk istirahat sebentar. Bisa saja di sela-sela jam istirahat, meluangkan sedikit untuk tidur walau cuma 30 menit saja.

5. Pola Gaya Hidup
Membiasakan diri menjalankan gaya hidup yang sehat, tidak merokok, menjauhi hal-hal yang bisa menyebabkan stress, tidak sering begadang juga salah satu cara memperoleh hidup yang sehat. Pola hidup yang sederhana, ada keseimbangan antara jasmani dan rohani akan membuat hidup lebih bermakna dan bahagia.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar